Rabu, 01 Februari 2012

HASRAT UNTUK BERUBAH







Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal,
Aku bermimpi ingin mengubah dunia
Seiring dengan bertambahnya usia kearifan
Kudapati bahwa dunia tidak kunjung berubah
Maka cita-cita itupun agak kupersempit
Lalu kuputuskan untuk hanya mengubah Negriku
Namun tampaknya, hasrat itupun tidak berhasil
Ketika usiapun semakin senja, dengan semangatku yang masih tersisa
Kuputuskan utk mengubah keluargaku, orang2 yang paling dekat denganku
Tetapi celakanya merekapun tidak mau diubah
Dan kini, sementara aku berbaring saat ajal menjelang tiba-tiba kusadari
Andaikan saja yang pertama-tama kuubah adalah diriku
Maka dengan menjadikan diriku sebagai teladan
Mungkin bisa aku mengubah keluargaku
Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka
Bisa jadi akupun mampu memperbaiki negeriku
Kemudian siapa tahu aku bisa mengubah dunia

(Bishop Anglican, 1100 SM, dituliskan oleh Westminster Abbey)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar